Postingan

Menampilkan postingan dari November 7, 2021

Riset Pasar

 Sabtu, 13 November 2021 RISET PEMASARAN • Definisi dan Klasifikasi Riset Pasar Riset pemasaran memiliki tanggung jawab untuk menilai dan menyediakan informasi Apa yang dibutuhkan manajemen untuk mengambil keputusan. Informasi tersebut harus tepat, dipercaya dan relevan. Informasi harus disediakan oleh riset pemasaran karena mahalnya biaya riset dan persaingan yang semakin tinggi serta perlunya pengambilan keputusan yang tepat dan benar. The American Marketing Assosiation’s menyatakan bahwa secara formal definisi riset pemasaran diberikan dalam penelitian dan dalam praktek. Untuk itu dalam pembahasan berikut pemasaran menekankan perlunya informasi bagi pengambilan keputusan. Berdasarkan perspektif tersebut, riset pemasaran dan konsumen dapat didefinisikan sebagai kegiatan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan kan, menyebarkan data dan informasi mengenai pasar dan perilaku konsumen secara sistematik. Data dan informasi tersebut digunakan untuk memasukkan dalam proses keputusan yang...

Strategi Marketing

 Selasa, 9 November 2021 Strategi Marketing  Terdapat beberapa macam pengertian strategi dari para ahli. Menurut Marrus dalam Umar (2001:31) strategi didefinisikan sebagai suatu proses penentuan rencana para pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi, disertai penyusunan suatu cara atau upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai. Strategi didefinisikan secara khusus sebagai tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan (Prahalad dalam Umar, 2001:31). Menurut Chandra (2002:93), strategi pemasaran merupakan rencana yang menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Program pemasaran meliputi tindakan-tindakan pemasaran yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap produk, diantaranya dalam hal men...

Falsafah Manajemen Pemasaran

  Dikutip dari : Manajemen Pemasaran - Ir. Agustina Shinta, M.P. Pemasaran merupakan aktifitas yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menemukan kebutuhan manusia. Secara ringkas pemasaran bisa diartikandengan sebagai “ meeting needs profitably ” yaitu bagaimana perusahaan bisa melayani kebutuhan konsumen dengan cara yang menguntungkan bagi   konsumen dan perusahaan. Menurut Kottler dan Keller , marketing management as the art and science of choosing target marketand getting, keeping, and growing customer through creating,delivering, and communicating superior customer value . Pemasaran adalah sebuah seni, karena obyek pemasaran adalah manusia, dimana setiap individu mempunyai karakter/keinginan berbeda, sehingga diperlukan seni komunikasi, seni pendekatan dan seni rayuan yang berbeda-beda untuk memenangkan hati manusia.   PERANAN PEMASARAN Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk ...

MANAJEMEN PEMASARAN

Gambar
  MANAJEMEN PEMASARAN   Manajemen adalah proses mengkoordinasi pekerjaan dan aktiftas manusia sehingga bekerja secara efektif dan efisien. Sedangkan pemasaran adalah suatu proses social dan managerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan ingin kan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lai. Manjemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan, mengkoordinir) setra mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif. Di dalam fungsi menejem pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk membuat pasar dan seberapa besar ancaan yang harus di hadapi. Gambar 1.1 Oleh: Intan Nurlailatul Khasanah 401180051    

Strategi Pemasaran

 Pemasaran merupakan suatu aktivitas yang tidak dapat berdiri sendiri dan hanya dilakukan dengan waktu satu kali. Aktivitas dari pemasaran terdiri dari berbagai komponen berbeda-beda yang diperlukan dalam setiap tahapan usaha bisnis yang dipasarkan. Sehingga, perlu untuk memiliki sebuah strategi pemasaran agar dapat meningkatkan pemasaran produk usaha.  Pengertian Strategi Pemasaran Menurut Philip Kotler "Strategi pemasaran merupakan suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran". Sedangkan menurut Kotler dan Armstrong "Strategi pemasaran yaitu sebuah logika pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen". Menurut Tjiptono "Strategi pemasaran adalah berbagai alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembang...

Strategi Promosi

 PENGERTIAN STRATEGI PROMOSI  Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran.  Secara definisi, strategi promosi adalah perencanaan serangkaian aktivitas untuk memilih dan melaksanakan cara promosi yang tepat bagi perusahaan. Tak hanya itu, saat melakukan strategi ini, perusahaan juga memperhatikan unsur lain seperti pengaruh produk bagi konsumen dan bagaimana hal tersebut dapat dimanfaatkan. Nantinya, strategi ini akan masuk menjadi bagian rencana pemasaran dari perusahaan. TUJUAN STRATEGI PROMOSI strategi dalam promosi juga bertujuan untuk hal lain, yaitu: a.  Mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk b.  Mempengaruhi tingkat keinginan pembeli untuk melakukan repeat order c.  Memperluas pasar dengan menambah konsumen baru. d.  Mencari konsumen atau pelanggan yang loyal te...

Bauran Pemasaran

  Dalam memasarkan suatu produk atau jasa dalam sebuah perusahaan, diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix). Beberapa ahli bauran pemasaran mengemukakan marketing mix sebagai berikut: Menurut Kotler dan Amstrong (2012:75) dalam Yogi Sumirat (2015:22), “Marketing mix is the set of tactial marketing tools that the firm blend to produce the response it want in the target market”. “Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuan perusahaannya di pasar sasaran”. Menurut Sumarmi dan Soeprihanto (2010:274), “Bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran yaitu produk, harga, promosi, dan distribusi. Dengan kata lain definisi bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat mempengaruhi tanggapan konsumen”. Sedangkan menurut...