Strategi Promosi

 PENGERTIAN STRATEGI PROMOSI 

Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran. 

Secara definisi, strategi promosi adalah perencanaan serangkaian aktivitas untuk memilih dan melaksanakan cara promosi yang tepat bagi perusahaan. Tak hanya itu, saat melakukan strategi ini, perusahaan juga memperhatikan unsur lain seperti pengaruh produk bagi konsumen dan bagaimana hal tersebut dapat dimanfaatkan. Nantinya, strategi ini akan masuk menjadi bagian rencana pemasaran dari perusahaan.


TUJUAN STRATEGI PROMOSI

strategi dalam promosi juga bertujuan untuk hal lain, yaitu:

a.  Mempengaruhi minat konsumen untuk membeli produk

b.  Mempengaruhi tingkat keinginan pembeli untuk melakukan repeat order

c.  Memperluas pasar dengan menambah konsumen baru.

d.  Mencari konsumen atau pelanggan yang loyal terhadap produk perusahaan

e.  Mengalahkan pesaing yang mempunyai produk dalam segmen yang sama.

f.  Mengembangkan ide dan inovasi untuk meningkatkan penjualan produk.

g.  Meningkatkan volume dan kualitas produk


KARAKTERISTIK STRATEGI PROMOSI 

Strategi promosi memiliki karakteristik yang harus menjadi dasar dari penyusunannya. Perusahaan dapat mempertimbangkan hal berikut ini saat akan melakukan strategi ini dalam menjual produknya.

a.  Komunikasi

Strategi yang digunakan saat berpromosi harus bisa menyediakan informasi kepada konsumen tentang produk lewat komunikasi yang tepat dan sesuai dari perusahaan dan menarik perhatian konsumen. 

b.  Intensif

Saat berpromosi, perusahaan atau brand harus memuat pemberian pelayanan secara intens untuk mempengaruhi  atau menstimulus konsumen dari nilai dan kualitas barang.


c.  Invitation

Salah satu indikator kalau strategi Anda berhasil adalah bisa mengajak para konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dan memperoleh pendapatan


KLASIFIKASI STRATEGI PROMOSI

Strategi promosi penjualan memiliki klasifikasi dan dipisah menjadi 4 klasifikasi yaitu sebagai berikut:

a.  Customer Promotion memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.

b.  Trade Promotion memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.

c.  Sales-force Promotion merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan meningkat.

d.  Business Promotion bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak

 

Oleh : Lutfi Puji Astuti (401180063)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN