Postingan

Menampilkan postingan dari November 28, 2021

Contoh Marketing Plan

 Marketing plan didesain untuk  memberikan jawaban atas tiga dasar  pertanyaan yaitu:  1. Where have we been?  Marketing plan menyatakan latar  belakang perusahaan, situasi persa- ingan, dan peluang, serta ancaman  di pasar. Marketing plan secara inte- gral sebagai bagian dari perencanaan  bisnis, akan fokus pada sejarah pa- sar, kekuatan dan kelemahan pema- saran perusahaan, dan ancaman serta  peiuang di pasar.  2. Where do we want to go? (In the  short term)  Pertanyaan ini utamanya ditujukan  untuk tujuan jangka pendek dan  jangka panjang pemasaran perusaha- an dalam satu tahun. 3. How do we get there?  Pertanyaan ini mendiskusikan strategi pemasaran spesifik yang dapat diimplementasikan, kapan hal tersebut terjadi, dan siapa yang akan  merespon dari aktivitas monitoring  (Hisrich and Peters, 2002; 260-261). Perusahaan harus mengetahui bahwa marketing plan mengarahkan implementasi pengambil keputusan...

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

  Pengertian Pemasaran Pemasaran merupakan hal yang sangat penting pada perusahaan dalam menjalankan bisnis agar memperoleh suatu kelangsungan hidup sebuah perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan. Menurut Kotler (Kharisma, 2016) pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dari pihak lain. Pemasaran bukanlah semata-mata kegiatan menjual produk dan jasa, namun didalam pemasaran harus ada kerjasama yang baik antar bagian agar tercapai pemasaran yang efektif. Menurut Philip Kotler (2000, h. 9) mengidentifikasikan pemasaran sebagai suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan ingikan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Sedangkan menurut william J.Stanton dan Charles Futrell (2013:11) p...

Perencanaan Pemasaran

  Perencanaan Pemasaran Rencana ppemasaran sangat penting bagi operasional bisnis. Rencana pemasaran bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan evektivitas pemasaran produk atau jasa. rencana pemasaran juga dapat digunakan untuk mengembangkan strategi- strategi perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.   Menurut Philip Kotler (2003), perencanaan pemasaran ini adalah salah satu keluaran terpenting dan proses perencanaan, dimana rencana yang dirumuskan sebagai respon terhadap kondisi yang berubah.  Menurut Sukarna (2011), Perencanaan adalah pemilihan dan asosiasi fakta, dan pembentukan dan penggunaan asumsi masa depan dalam visualisasi yang diperlukan untuk memperoleh hasil yang diharapkan. Istilah perencanaan pemasaran digunakan untuk menggambarkan metode penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Perencanaan pemasaran digunakan untuk mengelompokkan pasar, mengidentifikasi posisi pasar, memperkirakan ukuran pasar, dan merencanakan pangsa pasar ...

pemasaran online

  Pemasaran online adalah praktik memanfaatkan saluran berbasis web untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan perusahaan kepada calon pelanggannya. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online termasuk email, media sosial, periklanan tampilan, optimisasi mesin pencari, dan banyak lagi. Tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau calon pelanggan melalui saluran di mana mereka menghabiskan waktu untuk membaca, mencari, berbelanja, atau bersosialisasi secara online. Adopsi Internet yang meluas untuk bisnis dan penggunaan pribadi telah menghasilkan banyak saluran baru untuk keterlibatan periklanan dan pemasaran, termasuk yang disebutkan di atas. Ada juga banyak manfaat dan tantangan yang melekat pada pemasaran online, yang menggunakan media digital terutama untuk menarik, melibatkan, dan mengkonversi pengunjung virtual ke pelanggan. Pemasaran online berbeda dari pemasaran tradisional, yang secara historis mencakup media seperti iklan cetak, billboard, televisi...

RISET PEMASARAN

  Riset Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam hal pengindentifikasian masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan dan penganalisaan data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam rangka pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang efektif-efisien di bidang pemasaran perusahaan. Menurut Maholtra dalam American Marketing Association (AMA) mengatakan bahwa riset pemasaran adalah identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran (pembagian) informasi yang sistematis dan objektif untuk meningkatkan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan solusi masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan dalam pemasaran. Dari pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa riset pemasaran adalah proses identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebaran informasi tentang masalah-masalah dan kesempatan-kesempatan pasar secara sistematis, dimana hasil yang diperoleh dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk m...

Cara Memasarkan Produk

  Dalam suatu usaha produk yang telah diciptakan selanjutnya yaitu akan di pasarkan kepada konsumen untuk memenuhi dan juga untuk mendapatkan hasil atau pendapatan. Pemasaran sendiri memiliki berbagai strategi, trik, dan juga cara untuk memikat atau menarik para konsumen. Pemasaran dapat dilakukan menggunakan dua (2) cara yaitu:  1. Pemasaran secara tradisional    Pemasaran tradisional yaitu pemasaran secara offline dan tidak menggunakan sosial media untuk promosinya. Traditional marketing atau pemasaran tradisional adalah sebuah istilah strategi pemasaran yang memiliki beragam saluran periklanan, seperti iklan di media cetak, papan reklame, televisi, pamflet dan kampanye poster, hingga iklan siaran radio. Traditional marketing adalah jenis pemasaran yang paling dikenal, mencakup semua iklan yang kita lihat dan dengar setiap hari, pemasaran dengan metode ini sangat relevan. Akan tetapi saat ini, dunia. Semakin maju dan berkembang sehingga semua elektronik sangat ca...

SISTEM INFORMASI PEMASARAN

  SISTEM INFORMASI PEMASARAN A.     Pengertian Secara umum, pengertian sistem informasi pemasaran adalah salah satu sistem yang di dalamnya menganalisa dan juga mengukur informasi pemasaran yang dihimpun secara terus menerus dari berbagai sumber perusahaan. Di dalam sistem informasi pemasaran juga tersedia informasi penjualan, promosi penjualan, aktivitas pemasaran, kegiatan penelitian pasar, dan hal lainnya yang berkaitan dengan pemasaran. Philip kotler menjelaskan bahwa sistem informasi pemasaran adalah suatu struktur set prosedur dan cara reguler untuk direncanakan penghimpunan, analisa, dan juga penyajian informasi untuk bisa digunakan dalam membuat keputusan pemasaran. B.      Fungsi Sistem informasi pemasaran memiliki beberapa fungsi yang bagus untuk dijalankan oleh perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut: Pihak perusahaan akan dimudahkan dalam hal mengontrol perkembangan bisnisnya. Membantu memudahkan setiap sistem...