Perencanaan Pemasaran
Perencanaan Pemasaran
Rencana ppemasaran sangat penting bagi operasional bisnis. Rencana pemasaran bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan evektivitas pemasaran produk atau jasa. rencana pemasaran juga dapat digunakan untuk mengembangkan strategi- strategi perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.
Menurut Philip Kotler (2003), perencanaan pemasaran ini adalah salah satu keluaran terpenting dan proses perencanaan, dimana rencana yang dirumuskan sebagai respon terhadap kondisi yang berubah.
Menurut Sukarna (2011), Perencanaan adalah pemilihan dan asosiasi fakta, dan pembentukan dan penggunaan asumsi masa depan dalam visualisasi yang diperlukan untuk memperoleh hasil yang diharapkan.
Istilah perencanaan pemasaran digunakan untuk menggambarkan metode penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Perencanaan pemasaran digunakan untuk mengelompokkan pasar, mengidentifikasi posisi pasar, memperkirakan ukuran pasar, dan merencanakan pangsa pasar yang layak dalam setiap segmen pasar (Baverstock et al., 2019)
Mengapa Merencanakan ?
Karena merencanakan memberikan gambaran yang jelas tentang arah target, memberikan gambaran yang jelas tentang strategi dan tindakan untuk mencaai target, memberikan pedoman untuk pelaksanaan tindakan memberikan referensi untuk kegiatan pengendalian dan evaluasi.
Manfaat Perencanaan Pemasaran
Perencanaan pemasaran dapat menyediakan manfaat sebagai berikut :
1. Mendorong pemikiran yang luas
2. Berusaha keras untuk mengkoordinasikan aktivitas pemasaran dengan baik
3. Mengawasi kegiatan pemasaran sesuai dengan standar prestasi kerja yang ditentukan dalam rencana
4. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai dan kebijakan operasional yang dapat dilaksanakan dengan lebih efektif
5. Upaya untuk mendorong partisipasi peserta dan meningkatkan rasa tanggung jawab para pelaku
Keunggulan Perencanaan Pemasaran
1. Perencanaan pemasaran berfungsi sebagai peta rencana pemasaran untuk menggambarkan kondisi pasar.
2. Perencanaan pemasaran dapat membantu dalam pengendalian manajemen dan penerapan strategi melalui rencana pemasaran.
3. Perencanaan pemasaran akan menginformasikan peran dan fungsi setiap anggota baru, dan pengembangan rencana pemasaran dapat memberi informasi secara rinci.
4. Perencanaan pemasaran menunjukkan koordinasi semua sumber daya implementasi, sedangkan sumber daya perusahaan untuk menyelesaikan proyek terbatas.
5. Perencanaan pemasaran merangsang pemikiran baru dan penggunaan sumber daya terbaik.
6. Perencanaan pemasaran menggambarkan pembagian tanggungjawab, tugas, dan kegiatan yang direncanakan dan strategi dalam rencana pemasaran yang harus direncanakan.
7. Perencanaan pemasaran dapat meramalkan masalah, peluang, dan ancaman berdasarkan intuisi.
Oleh : Lutfi Puji Astuti
Komentar
Posting Komentar