PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI
Pengertian Pemasaran
Pemasaran
merupakan hal yang sangat penting pada perusahaan dalam menjalankan bisnis agar
memperoleh suatu kelangsungan hidup sebuah perusahaan, sehingga perusahaan
mendapatkan keuntungan. Menurut Kotler (Kharisma, 2016) pemasaran adalah suatu
proses sosial yang didalamnya individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas
mempertukarkan produk yang bernilai dari pihak lain. Pemasaran bukanlah
semata-mata kegiatan menjual produk dan jasa, namun didalam pemasaran harus ada
kerjasama yang baik antar bagian agar tercapai pemasaran yang efektif.
Menurut
Philip Kotler (2000, h. 9) mengidentifikasikan pemasaran sebagai suatu proses
sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan ingikan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Sedangkan menurut
william J.Stanton dan Charles Futrell (2013:11) pemasaran dalah salah satu
sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang, jasa, ide kepadapasar
sasaran agar dapat mencapai tujuan organisasi. Berdasarkan definisidefinisi
yang telah dijelaskan oleh para ahli, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
pemasaran adalah salah satu kegiatan usaha untuk merencanakan, menentukian
harga, mempromosikan dan mendistribusukan barang atau jasa agar mencapai tujuan
organisasi dan dapat diterima serta disenangi oleh konsumen.
Menurut Stanton dalam Tambajong (2013:1293),
pemasaran adalah suatu sistem dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang
dapat memuaskan keinginan dalam mencapai tujuan perusahaan. Menurut Kotler dan
Amstrong (2012:29), “Marketing as the process by which companies create value
for customers and build strong customer relationships in order to capture value
from customers in return”, artinya menyatakan bahwa pemasaran sebagai proses
dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan
pelanggan yang kuat untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalan.
Menurut Richard L. Daft (2002:8) manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi. Menurut Alma (2002) manajemen pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Pemasaran merupakan analisis, perencanaan, implementasi dan pengendalian darin program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pergerakan (actuating) dan pengawasan (controling). Jadi dapat diartikan bahwa manajemen pemasaran merupakan sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Komentar
Posting Komentar