Postingan

Menampilkan postingan dari November 14, 2021

Pengertian pemasaran menurut para ahli

 Jumat, 19 November 2021 PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI Pada umumnya banyak orang yang menyatakan bahwa konsep pemasaran sama dengan konsep penjualan atau promosi dan periklanan. Padahal pada dasarnya penjualan dan promosi hanyalah bagian kecil dari pemasaran. Perlu dipahami dalam arti yang lebih luas, definisi pemasaran yaitu suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.  Menurut American Marketing Assosiation dalam Kolter dan Keller bahwa pemasaran adalah “ Marketing is a organization function and a set processes for creating communicating, and delivering value to customer and for managing customer relationship in ways that benefit the organization and it stakeholders”.  Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk men...

Tujuan Pemasaran

 PENGERTIAN TUJUAN PEMASARAN Tujuan pemasaran adalah tujuan yang spesifik yang ditentukan oleh perusahaan atau seorang pembisnis dalam membantu mereka mempromosikan produk atau layanan yang mereka punya kepada pelanggan. Tujuan pemasaran dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari strategi pemasaran yang membantu tercapainya tujuan organisasi dalam periode tertentu. Menurut Peter Drucker tujuan pemasaran  yaitu bukan untuk memperluas hingga kemana- mana, tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa cocok dengan pelanggan dan selanjutnya akan menjual dengan sendirinya.  TUJUAN PEMASARAN  Tujuan dari pemasaran yaitu sebagai berikut : Memberikan informasi (Promosi)  Promosi adalah kegiatan memberitahu atau menawarkan produk ataujasa yang dimiliki dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.  Menciptakan pembelian Menciptakan pembelian ulang Ketika pelanggan puas dengan produk atau ...

Contoh Strategi Pemasaran

Dalam dunia bisnis pemasaran merupakan hal yang sangat penting, karena  dengan pemasaran inilah produk yang dihasilkan akan diketahui oleh  pelanggan. Dalam pemasarannya biasanya online shopper memanfaatkan  beberapa layanan dan aplikasi yang tersedia dalam komputer ataupun  smartphone yang mereka miliki, antara lain seperti b. Facebook merupakan situs jejaring sosial yang saat ini sedang booming  di dunia maya. Facebook merupakan karya dari Mark Elliot Zuckerberg bersama kawannya, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes, saat belajar di  Harvard University pada tahun 2004. Pada Februari 2004, Zuckerberg  meluncurkan program tersebut dan langsung disambut hangat oleh siswa  di Amerika Serikat dengan angsung membuka accountfacebook. Pada  tahun 2005, Zuckerberg resmi menamakan perusahaannya yaitu  Facebook. Awalnya facebook dikenal dari mulut ke mulut di antara para  siswa di Amerika Serikat, selanjutnya menyebar ke sekolah lain dan  ...

Strategi Pemasaran Produk

 Produk adalah sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengertian produk menurut Philip Kotler adalah: "Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli, untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan". Produk dapat berupa barang (benda berwujud) seperti buku, meja, kursi, rumah, mobil, dan lain-lain; dan jasa (tidak berwujud) seperti jasa dokter, jasa perbankan, jasa perhotelan, dan jasa lainnya. Faktor-faktor yang memengaruhi kesempatan atau peluang bagi produk baru adalah: 1) perubahan ekonomi; 2) perubahan sosial dan budaya; 3) perubahan teknologi: 4) perubahan politik; dan 5) perubahan lainnya. Strategi produk yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk antara lain: 1 Penentuan logo dan moto Logo merupakan ciri khas suatu produk, sedangkan moto merupakan serangkaian kata-kata yang berisikan misi dan visi perusahaan dalam melayani masyarakat Baik logo maupun moto harus d...

Strategi Pemasaran 4P

4P adalah:   1.  Product  (Produk) Produk adalah jantung dari bauran pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dengan produk. Produk bukanlah entitas fisik saja; itu menangkap seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti layanan, kepribadian, organisasi, dan ide. Tanpa suatu produk, kita tidak memiliki harga, promosi atau tempat. Karenanya, dari semua 4 P, Produknya adalah P yang paling elemental. Di sini, penting untuk memahami hubunngan tentang produk dan bauran pemasaran. Bauran produk adalah seluruh rangkaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggannya. Keputusan mengenai bauran produk akan bergantung pada banyak faktor seperti: Rancangan Fitur Nama merk Variasi produk Kualitas Jasa Pengemasan, pengembalian, dll. Baca juga:  ERP adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda 2.  Price  (Harga) Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk suatu perusahaan. Ini ad...

The Marketing MIX

Gambar
    Strategi pemasaran memang merupakan salah satu aspek yang sangat dominan dalam usaha yang dijalankan. Adapun orang yang akan menjalankan usaha juga harus mempertimbangkan secara matang-matang terhadap strategi pemasaran yang akan digunakan ketika menjalankan usaha. Hal ini wajib digunakan terhadap usaha mikro maupun makro. Sebab seperti yang kita ketahui strategi pemasaran memiliki beberapa aspek yang patut diperhatikan, yaitu contohnya seperti 4P. 4P itu diantaranya adalah Produk ( Product ), Harga ( Price ), Promosi ( Promotion ), dan Tempat ( Place ). Bagaimana penjelasan lengkap tentang 4P tersebut ? 1.       Produk ( Product ) Produk merupakan sesuatu yang diperjualkan ke pasar guna mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan (Rangkuti, 2009). Secara konseptual produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang biasa ditawarkan sebagai usaha untuk me...