Tujuan Pemasaran

 PENGERTIAN TUJUAN PEMASARAN

Tujuan pemasaran adalah tujuan yang spesifik yang ditentukan oleh perusahaan atau seorang pembisnis dalam membantu mereka mempromosikan produk atau layanan yang mereka punya kepada pelanggan. Tujuan pemasaran dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari strategi pemasaran yang membantu tercapainya tujuan organisasi dalam periode tertentu. Menurut Peter Drucker tujuan pemasaran  yaitu bukan untuk memperluas hingga kemana- mana, tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa cocok dengan pelanggan dan selanjutnya akan menjual dengan sendirinya. 

TUJUAN PEMASARAN 

Tujuan dari pemasaran yaitu sebagai berikut :

Memberikan informasi (Promosi) 

Promosi adalah kegiatan memberitahu atau menawarkan produk ataujasa yang dimiliki dengan tujuan menarik konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. 

Menciptakan pembelian

Menciptakan pembelian ulang

Ketika pelanggan puas dengan produk atau jasa maka akan mengakibatkan pembelian ulang kemudian akan terjadi pelanggan yang setia.

Menciptakan produk megabrand

Produk atau jasa yang memiliki pelanggan setia akan menciptakan megabrand sehingga produk akan dilihat oleh calon- calon konsumen lainnya.

CARA MEMBUAT TUJUAN PEMASARAN

Cara membuat tujuan pemasaran yaitu sebagai berikut :

Mencatat tujuan penjualan.

Dapat dimulai dengan menuliskan tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi untuk mewakili peningkatan penjualan dalam presentase atau nilai uang

Menetapkan tujuan untuk pangsa pasar

Pangsa pasar dapat dicapai dengan bertahap, caranya yaitu memulai dari tempat anda berada dan menambah presentase untuk jangka waktu yang dicankup oleh tujuan pemasaran.

Memutuskan berapa banyak pelanggan yang dibutuhkan

Menetapkan target harga

Menetapkan harga penting untuk dilakukan, karena akan membantu menentukan posisi perusahaan di pasar dibandingkan dengan pesaing lain. Tujuan anda harus dapat menjaga agar harga tetap kompetitif dengan tujuan pemasaran perusahaan.

Menggabungkan setiap tujuan utama

Menggabungkan tujuan utama akan memberikan gambaran yang akurat tentang seberapa baik tujuan tersebut bekerjasama.



Oleh : Lutfi Puji Astuti 401180063 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN