Pengertian pemasaran menurut para ahli

 Jumat, 19 November 2021

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Pada umumnya banyak orang yang menyatakan bahwa konsep pemasaran sama dengan konsep penjualan atau promosi dan periklanan. Padahal pada dasarnya penjualan dan promosi hanyalah bagian kecil dari pemasaran. Perlu dipahami dalam arti yang lebih luas, definisi pemasaran yaitu suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. 

Menurut American Marketing Assosiation dalam Kolter dan Keller bahwa pemasaran adalah “ Marketing is a organization function and a set processes for creating communicating, and delivering value to customer and for managing customer relationship in ways that benefit the organization and it stakeholders”. 

Pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pihak-pihak yang berkempentingan terhadap organisasi. 

Menurut Fandly Tjiptono, pemasaran merupakan fungsi yang memiliki kontak paling besar dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap lingkungan eksternal. Pemasaran bertujuan untuk menarik perhatian pembeli dalam mengnsumsi produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, pemasaran memainkan peranan penting dalam pengembangan strategi. 

Menurut Kolter dan Keller, manajemen pemasaran terjadi Ketika setidaknya satu pihak dalam sebuah pertukaran potensial berfikir tentang cara-cara untuk mencapai respon yang diinginkan pihak lain. Karenanya kita memandang managemen pemasaran (Marketing Management) sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran, meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, mengantarkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. 

Menurut W.J.Stanton, pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditunjukkan untuk memecahkan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan, kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensional.

Menurut Philip Kolter, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) melalui proses pertukaran. Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa titik tolak terletak pada kebutuhan dan keinginan manusia. Kebutuhan dan keinginan manusia dapat dipenuhi oleh adanya produk atau sumber-sumber(resource) dan alat pemuas(satisfier). 


Oleh : Esthi Kurnia Asih-401180039


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN