The Marketing MIX

 

 Strategi Pemasaran 4P pada produk & Studi kasusnya • Blog Idn

Strategi pemasaran memang merupakan salah satu aspek yang sangat dominan dalam usaha yang dijalankan. Adapun orang yang akan menjalankan usaha juga harus mempertimbangkan secara matang-matang terhadap strategi pemasaran yang akan digunakan ketika menjalankan usaha. Hal ini wajib digunakan terhadap usaha mikro maupun makro. Sebab seperti yang kita ketahui strategi pemasaran memiliki beberapa aspek yang patut diperhatikan, yaitu contohnya seperti 4P. 4P itu diantaranya adalah Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), dan Tempat (Place).

Bagaimana penjelasan lengkap tentang 4P tersebut ?

1.      Produk (Product)

Produk merupakan sesuatu yang diperjualkan ke pasar guna mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan, atau dikonsumsi dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan (Rangkuti, 2009). Secara konseptual produk adalah pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang biasa ditawarkan sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan kegiatan konsumen sesuai dengan kompetensi dan kapasitas organisasi serta daya beli pasar. Produk dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar dalam  pengambilan keputusan.

 

2.      Harga (Price)

Harga jual merupakan sejumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk dapat memproduksi suatu barang maupun jasa ditambah dengan presentase laba atau keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, untuk mencapai laba yang diinginkan maka salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga yang tepat untuk setiap produknya.

 

3.      Promosi (Promotion)

Promosi berarti aktivitas yang menyampaikan manfaat produk ataupun jasa dan membujuk pelanggan untuk membeli atau memakainya. Dengan kata lain, sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseroang atau organisasi melakukan pertukaran dalam pemasaran. Kegiatan dalam promosi ini pada umumnya dalah periklanan, personal selling, promosi penjualan, pemasaran langsung, serta hubungan masyarakat dan publikasi.

 

4.      Tempat (Place)

Tempat (Place) menunjukkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjadikan produk/jasa dapat diperoleh dan tersedia bagi konsumen sasaran. Penentuan lokasi dan distribusi beserta sarana dan prasarana pendukung menjadi sangat penting, hal ini agar konsumen mudah menjangkau setiap lokasi yang ada serta mendistribusikan barang dan jasa. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan dan penentuan lokasi dengan pertimbangan seperti dekat dengan kawasan industri, lokasi perkantoran, lokasi pasar, pusat pemerintah, lokasi perumahan dan masyarakat, dan mempertimbangkan jumlah pesaing yang ada di suatu lokasi, serta sarana dan prasarana seperti jalan, pelabuhan, listrik, dan lain-lain (Hamali, 2016).

 

Rangkuti, Freddy (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Deni Saputra. Pengaruh Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place dan Promotion) Terhadap Keputusan Pelanggan Dalam Menggunakan Aplikasi Transportasi Online, Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2018

Hamali, Arif Yusuf. (2016). Pemahaman Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Jakarta: Prenada media Group

 

Oleh : Isnan Faizal (401180057)

                          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN