Strategi Pemasaran Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengertian produk menurut Philip Kotler adalah: "Sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk dibeli, untuk digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan".
Produk dapat berupa barang (benda berwujud) seperti buku, meja, kursi, rumah, mobil, dan lain-lain; dan jasa (tidak berwujud) seperti jasa dokter, jasa perbankan, jasa perhotelan, dan jasa lainnya.
Faktor-faktor yang memengaruhi kesempatan atau peluang bagi produk baru adalah:
1) perubahan ekonomi;
2) perubahan sosial dan budaya;
3) perubahan teknologi:
4) perubahan politik; dan
5) perubahan lainnya.
Strategi produk yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengembangkan suatu produk antara lain:
1 Penentuan logo dan moto
Logo merupakan ciri khas suatu produk, sedangkan moto merupakan serangkaian kata-kata yang berisikan misi dan visi perusahaan dalam melayani masyarakat Baik logo maupun moto harus dirancang de- ngan benar Pertimbangan pembuatan logo dan moto antara lain:
a. Logo dan moto harus memiliki arti (dalam arti positif).
b. Logo dan moto harus menarik perhatian.
c. Logo dan moto harus mudah diingat.
2 Menciptakan merek
Merek merupakan suatu hal penting bagi konsumen untuk mengenal barang atau jasa yang ditawarkan. Pengertian merek sering diartikan sebagai nama, istilah, simbol, desain atau kombinasi dari semuanya. Agar merek mudah dikenal masyarakat, maka penciptaan merek harus mempertimbangkan faktor-faktor antara lain:
a. Mudah diingat.
b. Terkesan hebat dan modern.
c. Memiliki arti (dalam arti positif).
d. Menarik perhatian.
3 Menciptakan kemasan
Kemasan merupakan pembungkus suatu produk. Penciptaan kemasan pun harus memenuhi berbagai persyaratan, seperti kualitas kemasan, bentuk, warna, dan persyaratan lainnya.
4 Keputusan label
Label merupakan sesuatu yang dilengketkan pada produk yang di tawarkan dan merupakan bagian dari kemasan. Di dalam label harus menjelaskan siapa yang membuat, di mana dibuat, kapan dibuat, cara menggunakannya waktu kedaluarsa, dan informasi lainnya.
Oleh: Kusnul Kotimah 401180059
Komentar
Posting Komentar