ASPEK PEMASARAN
ASPEK PEMASARAN ? Sudahkah anda mengetahuinya ? dengan tujuan tidak lain adalah dapat meningkatkan penjualan dan laba dalam berbisnis, menguasai atau menganalisa pasar dan lainnya. Hal tersebut merupakan tujuan aspek pemasaran yang kerap kali diabaikan oleh pengusaha atau pebisnis yang akan memulai usahanya, sehingga mengakibatkan adanya kerugian akibat tidak dikenalinya aspek-aspek pemasaran.
Seperti bagaiamana sih, Aspek Pemasaran itu ?
Ada 3 Aspek Pemasaran yang patut diketahui oeh pebisnis pemula :
1. Market Segmentation
Segmentasi pasar menunjukkan usaha untuk meningkatkan ketepatan penentuan sasaran dari suatu perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa tingkatan yaitu: pemasaran segmen, pemasaran ceruk (niche) dan pemasaran individual.
Konsep segmentasi dapat dibagi menjadi dua yaitu segmentasi a-priori dan segmentasi post-hoc. Segmentasi a-priori adalah segmentasi yang dilakukan sebelum suatu produk diluncurkan ke pasar. Contohnya adalah: segmentasi dengan pendekatan geografis, psikografis dan prilaku. Segmentasi post-hoc adalah segmentasi yang dilakuakn setelah produk diluncurkan. Setelah konsumen dating, dilakukan survey dan pengumpulan data, kemudian dilakukan pengolahan data. Hasil dari pengolahan data tersebut dapat menunjukkan dan mengelompokkan konsumen-konsumen yang ada.
BACA JUGA : Selain ini, wajib baca marketing mix ya sayang.....!!!
2. Market Targeting
Untuk dapat mengarahkan upaya pemasar pembelian bisnis secara tepat, pemasar harus menemukan dan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:
a. Siapa partisipan utama sebenarnya yang membuat keputusan?
b. Keputusan apa yang mereka pengaruhi?
c. Seberapa jauh pengaruh mereka terhadap keputusan itu?
d. Tolak ukur penilaian apa yang mereka gunakan?
Jadi, setelah melakukan proses segmentasi pasar, maka perusahaan melakukan evaluasi terhadap segmen-segmen pasar yang ada untuk ekemudian memilih salah satu segmen yang paling tepat dan mampu untuk dilayani. Dalam mebidik konsumen, Pemasar harus dapat membedakan antara pasar jangka pendek dan pasar masa depan, serta pasar primer dan pasar sekunder (Kasali, 1998).
3. Market Positioning
Setelah dilakukan penentuan pasar sasaran, langkah selanjutnya adalah penentuan posisi perusahaan di dalam pasar. Penentuan posisi (positioning) merupakan tindakan untuk merancang penawaran dan citra perusahaan agar menenmpati suatu posisi kompetitif yang berarti dan berbeda dalam benak pasar sasarannya. Hal ini akan membantu konsumen dalam mengenali perbedaan antara produk satu dengan produk lainnya yang bersaing dalam pasar yang sama. Dengan demikian, calon konsumen dapat memilih salah stau produk yang dianggapnya memiliki nilai dan mampu memuaskan keinginan mereka. Penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana produk atau merek dibedakan dari para pesaingnya.
Oleh : Isnan Faizal (401180057)
Komentar
Posting Komentar