Contoh Marketing Mix

 Minggu, 28 November 2021

Marketing Mix(Bauran Pemasaran)

Pengertian Bauran Pemasaran 

Marketing Mix (Bauran Pemasaran) adalah elemen- organisasi perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan tamu dan untuk memuaskan tamu(Zeitham dan Bitner, 2008:48) Bauran pemasaran

1. Produk

Produk adalah barang yang dapat dibuat atau diproduksi untuk memenuhi kebutuhan kelompok orang tertentu. Produk ini tidak berwujud atau berwujud karena bisa dalam bentuk jasa atau barang. Kita harus memastikan memiliki jenis produk yang tepat yang sesuai dengan pasar kita. Jadi selama fase pengembangan produk, pemasaran harus melakukan penelitian ekstensif mengenai siklus hidup produk yang mereka ciptakan.

Suatu produk memiliki siklus hidup tertentu yang mencakup fase pertumbuhan, kematangan dan fase penurunan penjualan. Penting bagi pemasar untuk menemukan kembali produk mereka untuk merangsang permintaan lebih banyak setelah mencapai fase penurunan penjualan. Pembatas juga harus menciptakan produk yang tepat membuat langkah strategis untuk memperluas produk saat ini dengan melakukan diversifikasi dan meningkatkan kedalaman lini produk tersebut. 

2.   Price atau harta

Harga produk pada dasarnya adalah jumlah yang dibayar pelanggan untuk menikmatinya. Harga merupakan komponen yang sangat penting dalam bauran pemasaran. Hal ini juga merupakan komponen yang sangat penting dari rencana pemasaran karena menentukan keuntungan dan kelangsungan hidup perusahaan. Ayah saya kan harga produk memiliki dampak besar pada keseluruhan strategi pemasaran serta sangat mempengaruhi penawaran dan permintaan produk. Harga selalu membantu membentuk persepsi produk. Di mata konsumen selalu ingat bahwa harga rendah biasanya berarti barang inferior di mata konsumen karena membandingkan dengan pesaing. Akibatnya harga yang terlalu tinggi akan membuat biaya lebih besar daripada manfaat dimata pelanggan. Ada tiga strategi penetapan harga utama yaitu:

1. Harga penetrasi pasar

2. Pasar penggelapan harga

3. Harga netral

3. Place atau tempat

Penetapan atau distribusi merupakan bagian yang sangat penting. Perusahaan harus memposisikan dan mendistribusikan produk di tempat yang mudah diakses oleh pembeli potensial. Hal tersebut datang degan pemahaman yang mendalam tentang target pasar perusahaan, memahami mereka dari dalam dan kita akan menemukan posisi dan saluran distribusi yang paling efektif.

Secara umum ada 3 strategi distribusi yaitu

a. Distribusi intensif

b. Distribusi eksklusif

c. Distribusi selektif

4. Promosi atau promosion

Promosi merupakan komponen pemasaran yang sangat penting karena dapat meningkatkan brand dalam penjualan. Promosi terdiri dari berbagai elemen seperti: 

1. Periklanan

2. Promosi penjualan

3. Hubungan masyarakat

4. Publisitas

5. Event sponsorship

6. Penjualan langsung

5. People atau orang

Orang yang dimaksud sebagai bagian bauran pemasaran adalah dari orang yang berhubungan langsung dengan bisnis. Penelitian ini menyeluruh penting untuk mengetahui apakah ada cukup banyak orang di pasar sasaran yang diminati untuk jenis produk dan layanan tertentu. Karyawan perusahaan penting dalam pemasaran karena merekalah yang memberikan layanan ini. Penting untuk memperkerjakan melatih orang yang tepat untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen, Apakah mereka menjalankan meja pendukung pelayanan pelayanan pemrograman dan lain-lain. Ketika sebuah bisnis menemukan orang-orang yang benar-benar percaya akan produk atau layanan yang diciptakan oleh bisnis tertentu, kemungkinan besar gaya awan akan melakukan yang terbaik semampu mereka. 

6. Proses(procces)

Sistem dan proses organisasi mempengaruhi pelaksanaan layanan jadi perusahaan harus memastikan bahwa perusahaan memiliki proses yang disesuaikan dengan baik untuk meminimalkan biaya. Bissa jadi keseluruhan sistem penjualan, pembayaran sistem distribusi dan prosedur /langkah-langkahnya untuk memastikan bisnis kerja berjalan dengan efektif. 

7. Bukti fisik (Phyaical Evidence)

Bauran pemasaran bukti fisik di industri jasa harus ada bukti fisik bahwa layanan tersebut disampaikan. Selain itu bukti fisik juga berkaitan dengan bagaimana bisnis dan produk itu dirasakan di pasar ini adalah bukti fisik kehadiran dan pendirian bisnis. 


Oleh:Esthi Kurnia Asih (401180039) Es b


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN