Komunikasi Pemasaran
Pengertian Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah pertukaran informasi dua arah yang dilakukan antara pihak perusahaan dengan calon konsumen atau yang terlibat dalam pemasaran produk. Menurut Terence A. Shimp (2003: 4) pengertian komunikasi pemasaran adalah aspek penting didalam misi pemasaran serta menjadi penentu keberhasilan pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan suatu bentuk pertukaran informasi yang dilakukan oleh perusahaan atau penjual kepada konsumen sasarannya untuk menginformasikan dan menawarkan produk yang dimiliki. Sebuah perusahaan/pengusaha harus mempunyai konsep atau metode komunikasi pemasaran yang baik dan tertata, karena komunikasi pemasaran sangat penting untuk menarik konsumen sasaran.
Jenis-Jenis Komunikasi Pemasaran
Menurut Kennedy dan Soemanagara (2006: 1), terdapat 5 (lima) jenis model komunikasi pemasaran, yaitu :
1. Iklan (Advertising)
Iklan merupakan komunikasi massa dengan menggunakan media surat kabar, majalah, radio, televisi dan media-media lainnya atau juga komunikasi langsung yang didesain untuk pelanggan bisnis atau pengguna terakhir.
2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Promosi penjualan dapat meliputi seluruh kegiatan pemasaran untuk merangsang terjadinya pembelian produk yang cepat atau terjadinya penjualan dalam waktu singkat.
3. Hubungan Masyarakat (Public Relation)
Public relation atau hubungan masyarakat merupakan hal yang merangkum seluruh komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam atau keluar antara perusahaan dengan semua khalayaknya untuk mencapai tujuan spesifik atas dasar saling pengertian.
4. Penjualan Perorangan (Personal Selling)
Personal selling merupakan bentuk komunikasi langsung antara penjual dengan calon pembeli. Dalam hal ini, penjual berusaha untuk membujuk pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.
5. Penjualan Langsung (Direct Selling)
Penjualan langsung merupakan usaha perusahaan untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan tujuan menimbulkan tanggapan atau transaksi penjualan.
Menurut Terence A. Shimp (2003) ada beberapa bentuk-bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu:
a. Penjualan perorangan (personal selling),
b. Iklan (advertising),
c. Promosi penjualan (sales promotional),
d. Pemasaran sponsorship (sponsorship marketing),
e. Publisitas (publicity),
f. Komunikasi di tempat pembelian (point-of-purchase communication),
g. Pemasaran Langsung (Direct marketing),
h. Trade promotion,
i. Brand (Product) placement,
j. Public Relation,
k. Corporate Advertasing,
l. The Internet,
m. Word of mouth, dan
n. Customer Service.
Tujuan Komunikasi Pemasaran
Berikut adalah beberapa tujuan komunikasi pemasaran, yaitu :
1.) untuk mempengaruhi konsumen atau calon konsumen untuk membeli produk
2.) membentuk citra sehingga dapat mempengaruhi konsumen
3.) dapat memberikan informasi kepada konsumen sehingga mereka mendapatkan gambaran produk.
4.) saran untuk menyatukan berbagai bentuk hubungan yang di bangun oleh perusahaan dengan konsumen.
Dengan menggunakan komunikasi yang tepat produk yang ditawarkan akan menarik konsumen sehingga banyak di kenal oleh masyarakat dan juga akan lebih mudah untuk penjualannya, dan menjadikan cepat untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan.
Oleh: Kusnul Kotimah 401180059
Baca juga: Pengertian manajemen pemasarn https://pemasarank7.blogspot.com/2021/11/pengertian-manajemen-pemasaran.html
Komentar
Posting Komentar