Strategi Pemasaran 4P
4P adalah:
1. Product (Produk)
Produk adalah jantung dari bauran pemasaran. Semua aktivitas pemasaran dimulai dengan produk. Produk bukanlah entitas fisik saja; itu menangkap seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti layanan, kepribadian, organisasi, dan ide.
Tanpa suatu produk, kita tidak memiliki harga, promosi atau tempat. Karenanya, dari semua 4 P, Produknya adalah P yang paling elemental.
Di sini, penting untuk memahami hubunngan tentang produk dan bauran pemasaran. Bauran produk adalah seluruh rangkaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggannya.
Keputusan mengenai bauran produk akan bergantung pada banyak faktor seperti:
- Rancangan
- Fitur
- Nama merk
- Variasi produk
- Kualitas
- Jasa
- Pengemasan, pengembalian, dll.
Baca juga: ERP adalah: Pengertian, Manfaat, Fitur, dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda
2. Price (Harga)
Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk suatu perusahaan. Ini adalah komponen penghasil pendapatan yang penting bagi perusahaan.
Keputusan penetapan harga harus diambil dengan sangat hati-hati, karena ini adalah pedang bermata dua. Jika produk Anda dihargai terlalu tinggi, produk Anda mungkin akan memberikan kesan berkualitas tinggi. Pada saat yang sama, ini akan membuat produk Anda ditempatkan di toko terbatas dan. Jadi, pemasar harus tahu seni menggunakan penetapan harga yang tepat
Keputusan bauran harga perlu mempertimbangkan variabel pemasaran di bawah ini:
- Metode penetapan harga; kebijakan; strategi
- Benefit
- Diskon, rabat
- Periode pembayaran
- Kebijakan kredit
Strategi penetapan harga bisnis Anda harus selaras dengan tujuan keseluruhan organisasi Anda agar dapat berbaur dengan lancar. Apakah Anda ingin penetrasi pasar atau membaca sepintas semua ini tergantung pada strategi penetapan harga Anda.
3. Promotion (Promosi)
Salah satu stratefi pemasaran 4P ini bertujuan untuk melayani dua tujuan. Pertama, memberi tahu calon pelanggan tentang produk Anda dan kedua, membujuk mereka untuk membeli produk Anda.
strategi promosi dengan demikian akan mencakup berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan audiens target. Bauran promosi yang efektif akan memastikan penjualan yang baik dan pemasar harus berusaha untuk menciptakan lingkungan yang kondusif.
Elemen utama bauran promosi adalah:
- Periklanan
- Penjualan pribadi
- Hubungan Masyarakat
- Pemasaran langsung
- Publisitas -media sosial, cetak, dll.
- Promosi penjualan
4. Place (Tempat) atau Distribusi
Tempat atau distribusi fisik berkaitan dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan.
Margin keuntungan Anda bergantung pada seberapa cepat Anda dapat menyerahkan barang. Semakin cepat produk mencapai titik penjualan, semakin besar kemungkinannya untuk memuaskan pelanggan dan meningkatkan loyalitas merek. Karenanya, faktor Tempat sangat penting dalam memastikan daya saing produk Anda di pasar.
Berikut ini adalah elemen-elemen campuran distribusi:
- Saluran distribusi
- Keputusan pergudangan
- Penanganan produk
- Logistik
- Kontrol inventaris
- Proses pemesanan
- Cakupan
Komentar
Posting Komentar