Cara Memasarkan Produk

  Dalam suatu usaha produk yang telah diciptakan selanjutnya yaitu akan di pasarkan kepada konsumen untuk memenuhi dan juga untuk mendapatkan hasil atau pendapatan. Pemasaran sendiri memiliki berbagai strategi, trik, dan juga cara untuk memikat atau menarik para konsumen. Pemasaran dapat dilakukan menggunakan dua (2) cara yaitu: 

1. Pemasaran secara tradisional

   Pemasaran tradisional yaitu pemasaran secara offline dan tidak menggunakan sosial media untuk promosinya. Traditional marketing atau pemasaran tradisional adalah sebuah istilah strategi pemasaran yang memiliki beragam saluran periklanan, seperti iklan di media cetak, papan reklame, televisi, pamflet dan kampanye poster, hingga iklan siaran radio. Traditional marketing adalah jenis pemasaran yang paling dikenal, mencakup semua iklan yang kita lihat dan dengar setiap hari, pemasaran dengan metode ini sangat relevan. Akan tetapi saat ini, dunia. Semakin maju dan berkembang sehingga semua elektronik sangat canggih dan menggeser pemasaran tradisional. 

2. Pemasaran modern

  Pemasaran modern adalah pemasaran yang menggunakan berbagai jenis media sosial sebagai wadah dalam memasarkan produk yang dimiliki. Pemasaran ini adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target costumer secara efisien, personal dan relevan. 

Strategi pemasaran produk yang bisa dilakukan

   Dalam memasarkan suatu produk setiap usaha memiliki cara dan strategi masing-masing yang digunakan untuk menarik konsumen. Strategi pemasaran produk yang bisa kita lakukan yaitu: 

a. Kenali pasar atau pelanggan

Mengenali pasar atau pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan pertama kali, karena pasarlah yang akan memakai produk yang akan dipasarkan. Untuk mengenali pasar yaitu dengan cara kita harus tahu sasaran pelanggan yang akan memakai produk yang kita miliki. Jika semakin kecil pasar yang kita bidik, maka peluang untuk sukses di pasar tersebut akan semakin besar.

b. Memilih lokasi pemasaran yang tepat

Lokasi pemasaran juga menjadi hal penting dan mendasar yang dapat mempengaruhi dalam berbisnis karena dalam berbisnis seseorang pasti memerlukan lokasi yang strategis untuk memasarkan produknya. Semakin dekat lokasi kamu dengan target pasar, maka akan semakin mudah orang tersebut untuk menjangkau produk yang kita tawarkan. Sehingga pemilihan lokasi juga harus dipertimbangkan saat kita menjalankan suatu usaha atau melakukan pemasaran produk yang kita miliki. 

c. Memanfaatkan media sosial

Dunia semakin maju dan modern berbagai elektronik sangat canggih semua orang memilih untuk memasarkan produknya melalui berbagai media sosial dam juga market place sehingga menggeser pemasaran tradisional. Di zaman yang serba canggih ini hampir semua orang sudah mempunyai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Kita dapat melakukan pemasaran produk yang kita miliki lewat pemasangan iklan di beberapa media sosial tersebut. Hal ini bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk memasarkan sebuah produk. Dengan media sosial pemasaran yang kita lalukan dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas dan dapat dikenal oleh banyak orang atau calon konsumen. Semakin banyak orang yang melihat produk kamu, maka potensi pelanggan yang kamu dapatkan juga akan semakin besar.

d. Menawarkan promo yang menarik

Banyak orang yang menyukai adanya promo, misalnya promo Buy One Get One Free. Mendengarnya saja sudah membuat kita tertarik dan sangat menggiurkan. Disini kamu juga harus memperhitungkan untung dan ruginya. Jangan malah membuat kamu menjadi semakin rugi. Dengan adanya promo, seseorang yang awalnya tidak tertarik kemungkinan bisa tertarik dengan produk kamu dan dari yang awalnya hanya mencoba-coba bisa menjadi pelanggan tetap dalam bisnis yang kamu jalani. 

e. Mengikuti tren atau perkembangan zaman 

Produk yang kita ciptakan haruslah mengikuti tren dan perkembangan zaman agar dapat diminati banyak orang, atau yang saat ini banyak dibutuhkan orang. Didorong dengan mencari peluang pasar kita dapat menciptakan produk yang diinginkan oleh banyak kalangan dan akan mendapatkan konsumen yang banyak. Suatu produk akan dikatakan menjadi tren, jika menjadi pusat perhatian, pusat pembicaraan serta digunakan oleh mayoritas orang dalam masyarakat. Di sini kamu harus bisa selalu memberikan inovasi dengan produk yang kamu buat.

Dengan melakukan strategi-strategi yang bagus dan menarik pemasaran yang kita lakukan akan sukses dan mendapatkan banyak konsumen. Jadi strategi pemasaran harus di planning terlebih dahulu, agar tidak salah jalan ataupun mengalami kegagalan dalam pemasaran. 


Oleh: Kusnul Kotimah 401180059

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN