Contoh Marketing Plan
Marketing plan didesain untuk
memberikan jawaban atas tiga dasar
pertanyaan yaitu:
1. Where have we been?
Marketing plan menyatakan latar
belakang perusahaan, situasi persa-
ingan, dan peluang, serta ancaman
di pasar. Marketing plan secara inte-
gral sebagai bagian dari perencanaan
bisnis, akan fokus pada sejarah pa-
sar, kekuatan dan kelemahan pema-
saran perusahaan, dan ancaman serta
peiuang di pasar.
2. Where do we want to go? (In the
short term)
Pertanyaan ini utamanya ditujukan
untuk tujuan jangka pendek dan
jangka panjang pemasaran perusaha-
an dalam satu tahun.
3. How do we get there?
Pertanyaan ini mendiskusikan strategi pemasaran spesifik yang dapat diimplementasikan, kapan hal tersebut terjadi, dan siapa yang akan
merespon dari aktivitas monitoring
(Hisrich and Peters, 2002; 260-261). Perusahaan harus mengetahui bahwa marketing plan mengarahkan implementasi pengambil keputusan pemasaran.
contohnya
Dari strategi pemasaran yang telah direncanakan, peningkatan penjualan
dapat dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa cara untuk meningkatkan
penjualan yaitu menjual produk lama kepada pangsa pasar lama, menjual produk
lama kepada pasar baru, menjual produk baru kepada pangsa pasar lama, dan
menjual produk baru kepada pasar baru.
oleh: Hamida Faza Fadya 401180047
Komentar
Posting Komentar