Riset Pasar
Sabtu, 13 November 2021
RISET PEMASARAN
• Definisi dan Klasifikasi Riset Pasar
1. Untuk Mengidentifikasikan masalah (problem identification research)
2. Memecahkan masalah pemasaran (problem solving research)
Problem identification research bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang telah muncul atau yang akan muncul di masa depan misalnya identifikasi mengenai masalah keputusan konsumen, pangsa pasar, citra merek, karakteristik pasar, persaingan, penjualan dan peramalan pasar.
Problem solving research bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan merumuskan pemecahan masalahnya semua data dan informasi digunakan untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan.
Proses Riset Pemasaran
Proses riset pemasaran terdiri dari enam langkah ( Aaker, Kumar, dan Day (2011) yaitu:
1. Mengidentifikasi masalah
Tahap pertama dalam riset pemasaran adalah mengidentifikasi masalah dengan memperlihatkan tujuan penelitian latar belakang informasi yang relevan, informasi yang diperlukan, dan bagaimana informasi itu akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Mengidentifikasi masalah dapat dilakukan dengan melalui diskusi dengan mengambil keputusan wawancara dengan ahli industri, analisis data sekunder,serta dengan pendekatan metode riset kualitatif seperti wawancara mendalam dan fokus grup atau descussion.
2. Mengembangkan pendekatan masalah
Tahapan ini meliputi perumusan tujuan atau kerangka teori, analisis model pertanyaan penelitian, hipotesis dan identifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi desain riset.
3. Menyusun desain penelitian
Desain Penelitian adalah cetak biru atau langkah-langkah untuk melaksanakan riset pemasaran. Langkah-langkah tersebut meliputi:
1. Analisis data sekunder
2. Riset kualitatif
3. Metode pengumpulan data kuantitatif (survei observasi dan eksperimen).
4. Pengukuran dan prosedur penskalaan
5. Desain kuesioner
6. Proses pengambilan ukuran sampel dan menentukan ukuran sampel
7. Rencana analisis data
4. Pekerjaan lapangan atau pengumpulan data
Proses pengumpulan data akan melibatkan semua peneliti dan staf lapangan (pewawancara atau para Superior lapangan).
5. Persiapan dan analisis data
Sebelum data dapat diolah maka harus dilakukan proses editing dan verifikasi data, coding dari kuisioner. Kuesioner yang telah diisi harus diperiksa dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan dalam mentransfer data dari kuesioner ke komputer.
6. Persiapan laporan dan presentasi
Proyek riset pemasaran harus didokumentasikan dalam bentuk laporan tertulis. Laporan tersebut berisi pendahuluan yang menjelaskan mengapa peneliti penelitian tersebut penting apa masalahnyadan apa tujuan penelitian. Pada bagian kajian teori dan penelitian terdahulu dijelaskan berbagai teori yang mendasari penelitian tersebut, serta apa hasil dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian yang dilakukan kemudian diakhiri dengan menjelaskan kerangka pemikiran.
Oleh: Esthi Kurnia Asih(401180039)
Komentar
Posting Komentar