Strategi Pemasaran

 Pemasaran merupakan suatu aktivitas yang tidak dapat berdiri sendiri dan hanya dilakukan dengan waktu satu kali. Aktivitas dari pemasaran terdiri dari berbagai komponen berbeda-beda yang diperlukan dalam setiap tahapan usaha bisnis yang dipasarkan. Sehingga, perlu untuk memiliki sebuah strategi pemasaran agar dapat meningkatkan pemasaran produk usaha. 

Pengertian Strategi Pemasaran

Menurut Philip Kotler "Strategi pemasaran merupakan suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran". Sedangkan menurut Kotler dan Armstrong "Strategi pemasaran yaitu sebuah logika pemasaran di mana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan manfaat dari hubungan mereka dengan konsumen". Menurut Tjiptono "Strategi pemasaran adalah berbagai alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut". Jadi sederhananya strategi pemasaran adalah usaha atau upaya yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dengan pola perencanaan dan metode yang terstruktur agar dapat meningkatkan penjualan/pendapat, dan memenangkan persaingan pasar. 

Fungsi Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran sangatlah penting bagi suatu bisnis, karena tujuan utamanya yaitu mencapai tingkat keuntungan tertentu, pertumbuhan perusahaan atau peningkatan pangsa pasar. Di dalam pandangan konsep pemasaran, tujuan perusahaan ini dicapai melalui keputusan konsumen. Adapun fungsi dari strategi pemasaran yaitu meliputi: 

a. Meningkatkan Motivasi dan Inovasi Pengembangan Bisnis

b. Membuat Koordinasi Tim Lebih Efektif

c. Merumuskan Tujuan Perusahaan

d. Mengawasi Kegiatan Pemasaran

Contoh Strategi Pemasaran

Adapun contoh strategi pemasaran yang mungkin dapat kita terapkan pada bisnis yang sedang kita jalankan yaitu: 

a. Memanfaatkan Mesin Pencarian Google

b. Membuka Program Afiliasi

c. Menggunakan Platform Media Sosial

d. Memaksimalkan Konten

e. Menggunakan Jasa Influencer

Strategi pemasaran yang baik membantu perusahaan untuk bisa mengidentifikasi pelanggan terbaik mereka. Ini juga membantu mereka dalam memahami kebutuhan konsumen. Dengan strategi yang baik, sangat memungkinkan untuk menerapkan metode pemasaran yang paling efektif. 

Strategi pemasaran yang menyeluruh mencakup "4P" yaitu: 

1. Produk

2. Price atau (harga) 

3. Place (tempat)

4. Promosi


Oleh: Kusnul Kotimah 401180059

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bauran Pemasaran

Falsafah Manajemen Pemasaran

SISTEM INFORMASI PEMASARAN